Terbaru · Terpilih · Definisi · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Alasan Perumahan Pakis Hasanah di Kabupaten Malang Disebut sebagai Smart Living

 Kota Malang - Secara ringkas kata smart living memiliki arti suatu pola kehidupan yang didasarkan pada prinsip kecerdasan. Tentu, hal tersebut sangat berbeda maknanya dengan smart home yang mempunyai arti rumah cerdas. Dengan demikian, smart living menekankan terkait cara pandang atau pola pikir tentang bagaimana menjalani hidup secara cerdas.

Lebih detail, definisi tentang sebuah gerakan bernilai smart living adalah upaya membangun karakter manusia yang punya gaya atau jalan hidup yang efisien dan efektif dengan tetap mempertahankan kelayakan, kualitas, dan keberlanjutan jangka panjang. Oleh sebab itu, ciri smart living harus menunjang kesehatan fisik maupun mental serta memudahkan dalam beraktivitas produktif.

Selanjutnya, perumahan yang berbasis smart living dapat diartikan sebagai kawasan atau komunitas hunian yang mendukung terciptanya pembangunan sumber daya manusia berlandaskan nilai-nilai kecerdasan dalam menjalani kehidupan. Setidaknya, unit rumah dan fasilitasnya memenuhi syarat untuk menjalani hidup secara praktis.

Perumahan smart living meski murah tetapi tidak murahan sehingga tetap bermutu. Begitu pula, walau tampak simpel alias minimalis nyatanya enggak terkesan kehilangan estetika. Alhasil, perumahan smart living lebih mengedepankan pada tujuan awal sebelum membelinya yaitu memperoleh tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari secara mudah dan murah.

Kenapa Perumahan Pakis Hasanah di Malang Dijuluki sebagai Smart Living?

Alasan pertama ialah saluran pembuangan air, baik itu berwujud cairan limbah rumah tangga maupun air buangan dari jalan raya dan halaman rumah, sangat tertutup rapat. Efek positifnya selain enggak menimbulkan bau tak sedap, tentunya juga sangat elok dipandang mata. Di sana, tanpa disertai selokan atau parit yang terbuka ataupun jalur air ukuran kecil yang ditimbun dengan penutup cetakan semen.

Di perumahan Pakis Hasanah Malang limbah air dari kamar mandi, air buangan dapur, dan cucian disalurkan ke galian tertutup di dekat septic tank. Pihak developer sengaja menggali tanah di halaman depan rumah layaknya menggali septic tank yang khusus difungsikan untuk pembuangan air limbah rumah tangga. Artinya, galian antara septic tank dengan galian limbah rumah tangga disendirikan.

Di sisi lain, limpahan air hujan dari belakang rumah serta halaman depan rumah mengalir secara tertutup rapat ke arah "parit" bawah tanah. Aliran air dari belakang, tetesan langsung dari air hujan ke taman belakang maupun terjatuh dari genteng, disalurkan lewat pipa yang ditanam di bawah rumah yang ujungnya menuju ke "selokan" bawah tanah di depan. Tentunya, di belakang rumah harus diberi bak kontrol dulu.

Video salah satu unit rumah di Perumahan Pakis Hasanah Smart Living Kabupaten Malang

Jadi, saluran pembuangan air di perumahan Pakis Hasanah Smart Living bukan lagi berupa selokan atau parit buatan hasil galian yang ditutupi oleh beton. Melainkan benar-benar saluran bawah tanah yang tak terlihat. Di mana, hal tersebut bisa terjadi lantaran di sekitar sana terdapat sungai besar yang dapat menampung luberan air hujan. Gorong-gorong bawah tanah tersebut mampu mengalirkan air secara lancar.

Bukan sekadar di atas, menyangkut bahan bangunan yang dipakai di perumahan tersebut juga tergolong minimalis dan berkualitas. Dengan ukuran tanah 60 meter persegi dan rumah 30 meter persegi, buktinya penataan yang diterapkan sangat praktis. Penghuninya bisa memilih meletakkan taman berada di depan rumah atau bisa juga di belakang.

Berikutnya, tinggal di perumahan Pakis Hasanah Smart Living tidak perlu menggunakan AC. Selain karena struktur bangunan yang cukup mendukung terciptanya kesejukan, hal lain yang patut dibanggakan yaitu lokasi perumahan yang memang berada di tempat yang tidak panas dan terbilang banyak angin yang bersumber dari persawahan maupun pepohonan di sekitar.

Intinya, walau berada pada lahan dataran dan permukaan tanah di bawah serta ukuran rumah yang relatif kecil ternyata pihak pengembang perumahan sangat cerdas dalam menata fasilitas publik di dalamnya dan merancang unit rumah. Tentulah, urusan sirkulasi udara di dalam rumah tak bisa diabaikan. Berada di ruangan kecil dan pendek, nyatanya tetap sejuk.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Alasan Perumahan Pakis Hasanah di Kabupaten Malang Disebut sebagai Smart Living"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*