Terbaru · Terpilih · Definisi · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

7 Jenis Pekerjaan yang Bikin Kulit Menjadi Gelap

 Kota Malang - Bidang pekerjaan apapun, baik itu dilakukan secara mandiri maupun kerja mengikuti aturan atasan atau juragan, pasti memiliki risiko. Entah itu dampaknya bersangkut paut dengan gangguan kesehatan mental maupun berpengaruh terhadap menurunnya performa fisik tubuh. Lambat laun pasti pelakunya bakal menyadari perubahan diri sendiri tersebut.

Salah satu akibat yang terjadi ketika memutuskan terus-terusan beraktivitas pada satu fokus pekerjaan tertentu ialah warna kulit menjadi menghitam. Hal tersebut disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung maupun enggak langsung dengan durasi berkelanjutan tiap hari selama berbulan-bulan. Terutama seringnya diterapkan di siang hari antara pukul 10.00 hingga 14.00.

Baca juga: Wahai Kuli Bangunan, Akui Nasib itu dan Janganlah Bermental Pengecut

Berikut ini 7 jenis pekerjaan yang dapat menyebabkan kulit menjadi hitam:


1. Ojek Online

Meski sudah memakai masker, menggunakan helm rapat, dan mengenakan jaket nyatanya paparan sinar matahari seolah tetap tembus ke permukaan kulit. Barangkali prinsip "Walau hanya tetesan air, tetapi jika terus-menerus menghantam maka dapat merusak batu" juga berlaku untuk pancaran panas sang surya yang tiada henti menusuk pelindung tubuh samacam itu.


2. Kuli dan Tukang Bangunan

Jangan heran kalau masa kini cukup banyak ditemukan kuli dan tukang bangunan berumur muda saat bekerja mayoritas memakai jaket berpenutup kepala atau yang disebut hoodie. Tentunya, topi serta sepatu atau malah sarung tangan juga mungkin mereka gunakan. Selain faktor keselamatan kerja, tujuan lainnya yaitu demi menutupi seluruh permukaan kulit dari terpaan matahari.

Ilustrasi tukang bangunan yang kepanasan  (Sumber Pixabay.com)


3. Buruh di Perkebunan Sawit

Gaji pekerja di perkebunan sawit tidaklah main-main. Meski enggak terlalu besar, begitu pula sebaliknya tidak bisa dibilang kecil, nyatanya pekerjaan itu bisa diandalkan ketersediaannya di setiap bulan. Hal tersebut tentu berbeda dengan jenis pekerjaan lain yang peluang merosotnya pendapatan bisa besar alias tidak menentu saban pekannya.

Sayangnya, salah satu risiko yang mesti dihadapi oleh buruh di perkebunan sawit ialah bikin kulit menjadi gelap. Lantas bagaimana buruh tani di persawahan atau ladang pada pemukiman padat?

Perlu diketahui, sekarang ini sebagian generasi muda amat jarang yang mau menggeluti sebagai petani di persawahan lantaran ogah terpapar sinar matahari berkepanjangan. Padahal, nyatanya untuk jenis tanaman tertentu frekuensi dan durasi merawat enggak terlalu membuang waktu. Dengan demikian, potensi badan terkena sinar matahari sehingga bikin kulit gelap enggak besar.


4. Kurir Paket Ekspedisi

Bagi yang sangat sering memesan atau beli barang di marketplace pasti menyadari bahwa jam-jam pengiriman di rumah konsumen paling sering di siang hari. Sangat jarang kurir paket mengirim paket di waktu pagi, sore, atau malam hari. Itu pun dilakukan lantaran saking banyaknya pesanan atau mungkin saja barang yang dikirim bukan prioritas sehingga bisa ditunda dulu pengirimannya tatkala longgar.


5. Supeltas

Sukarelawan pengatur lalu lintas atau disebut supeltas merupakan bidang pekerjaan yang cukup menghasilkan. Terbukti, di satu simpang jalan yang sama pihak supeltas yang mengatur berganti-ganti. Di pagi, siang, dan sore petugasnya berbeda-beda. Nah, orang yang mendapatkan "jadwal" di siang hari mungkin yang ketiban apes. Selain kepanasan, juga pendapatan uang paling sedikit.

Baca juga: 6 Pekerjaan Berpenghasilan Lumayan Tanpa Ijazah Maupun Modal, Minimal Setara UMR

6. Petugas Kebersihan

Tukang sapu di pinggir jalan raya dan pengangkut sampah di perumahan yang aktif biasanya tetap beroperasi hingga jam 10 pagi. Seenggaknya, mereka masih kumpul-kumpul di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) untuk menyortir sampah-sampah. Satu sama lain saling menunggu untuk mendapatkan jatah.


7. Pedagang Keliling

Antisipasi pedagang keliling demi menghindari kulit menjadi gelap ialah memakai gerobak berpenutup, menggunakan kendaraan sepeda motor sehingga tidak berjalan lamban, serta mangkal di tempat teduh. Intinya, telah yakin betul tubuhnya minim terpapar sinar matahari. Namun, kalau setiap hari selalu hilir mudik di jalan umum tentulah dikit demi sedikit bakalan berpengaruh pada warna kulit yang berubah menghitam.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "7 Jenis Pekerjaan yang Bikin Kulit Menjadi Gelap"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*