Terbaru · Terpilih · Definisi · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Manfaat Kopi dan Suplemen Vitamin D3 untuk Menjaga Kesejahteraan Kesehatan Mental

 Banjirembun.com - Minuman kopi hitam murni tanpa campuran apapun baik gula, susu, atau jenis apapun banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh beserta organ-organ di dalamnya, melainkan pula sangat bagus bagi kesehatan mental.

Di sisi lain, asupan suplemen vitamin (khususnya vitamin D3) turut berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik maupun jiwa. Baik vitamin D3 ataupun kopi murni keduanya sama-sama berkontribusi dalam menunjang terciptanya kreativitas, produktivitas, dan berinovasi.

Baca juga: 10 Penyebab Berkurangnya Kadar Vitamin D di Tubuh

Dalam beberapa kasus, pada akhirnya terdapat sejumlah orang yang "kecanduan" minum kopi. Di mana, ketika mereka tidak meminum kopi dapat menyebabkan gangguan suasana hati menjadi buruk sehingga salah satunya berakibat mudah tersinggung.

Nah, setelah meminum kopi kondisi jiwa menjadi lebih tenang dan tak lagi bergejolak. Seolah ada stimulus "sakti" yang terkandung dalam minuman kopi. Buktinya, beberapa pekerja di lapangan berkata "Cukup berikan kopi kental, kami akan bekerja giat melaksanakan tugas yang diberikan."

Bahkan, terdapat juga insan yang mengalami "ketergantungan" vitamin D3. Di mana, vitamin tersebut turut serta dalam mensejahterakan kesehatan mental. Alih-alih menggunakan vitamin untuk menjaga stamina tubuh, ternyata difungsikan untuk fokus dalam membangun kesejahteraan kesehatan mental.

Alhasil, tatkala ada individu yang sudah terbiasa mengonsumsi suplemen vitamin D3 lantas tiba-tiba berhenti meminum dapat berakibat berubahnya emosi. Walau perubahanannya tak separah saat berhenti minum kopi, nyatanya lambat laun sangat tampak jelas ada perbedaan. Sebab, vitamin D3 sendiri dengan kopi keduanya saling "mengisi" dan menguatkan efek masing-masing.

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami gangguan jiwa oleh dokter jiwa maupun psikiater bakal diberi resep yang salah satunya berupa vitamin D3. Dengan itu, yang awalnya kepribadian sangat labil dengan meminum suplemen vitamin D3 secara rutin berangsur-angsur menjadi stabil.

Manfaat vitamin D3 bagi individu bukan cuma dari segi kognitif (daya tahan berpikir) dan psikomotorik (gerak fisik badan), dalam segi afektif (emosi dan perasaan) pun juga sangat berperan besar. Intinya, vitamin D3 bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang maupun meningkatkan kekebalan tubuh.

Terkait berapa dosis minuman kopi hitam murni dan vitamin D3 tentu harus ada takarannya. Tidak boleh berlebihan serta jangan kekurangan. Disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing manusia. Lebih lengkap silakan baca "Respon Tubuh Setelah Minum Kopi dalam Takaran Besar." (BE/09/06/24)

Ilustrasi vitamin D3 (Sumber gambar Pixabay.com/ panchenko_karyna)






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Manfaat Kopi dan Suplemen Vitamin D3 untuk Menjaga Kesejahteraan Kesehatan Mental"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*