Terbaru · Terpilih · Definisi · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Video Air Terjun Tiban, Muncul Tiba-tiba di Villa Parung Bogor


Tiban berasal dari bahasa Jawa.  Ia mempunyai kata dasar tiba. Di mana lafal atau pengucapannya yaitu "tibo". Terjemahannya adalah jatuh. Namun, kata tiban memiliki arti yang agak berbeda dengan makna kata dasarnya tersebut.



Tiban adalah munculnya sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba, tak terduga, atau mengagetkan. Kata tiban paling familier menjadi embel-embel dari penyebutan "Masjid tiban". Yakni, Masjid yang diyakini tiba-tiba berdiri atau berwujud begitu saja.


Kata tiban juga bisa menjadi kata penerang dari proses terjadinya hujan. Dalam bahasa jawa disebut "udan tiban". Udan berarti hujan. Yakni, proses awal turunnya hujan yang airnya jatuh secara mendadak tanpa diawali mendung pekat.


Nah, kali ini yang kita bahas bukan Masjid tiban maupun udan tiban. Melainkan coban tiban. Coban berasal dari bahasa jawa artinya air terjun. Jadi coban tiban adalah air terjun yang muncul secara tiba-tiba tanpa diduga.



Coban tiban di parung Bogor


Kejadian unik di atas terjadi hanya saat hujan tiba. Terlebih bila hujannya sangat deras maka kucuran air terjun tersebut sangat kuat. Menimbulkan suasana indah dan memanjakan mata. Dijamin senang melihatnya.


Video di bawah ini terjadi saat salah satu tim Banjir Embun mengikuti short course di Pendawa Center Bogor. Sedang ada amanah negara. Selain dapat uang saku juga dapat fasilitas penginapan, makan, hingga snack yang sangat layak.


Langsung saja tonton air terjun tiban di bawah ini:















Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Video Air Terjun Tiban, Muncul Tiba-tiba di Villa Parung Bogor"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*